Loading...
Traveling

6 Destinasi Wisata Layak Dikunjungi Ketika Kamu Berada di Banyuwangi

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang terletak paling ujung sebelah timur di Provinsi Jawa Timur

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten yang terletak paling ujung sebelah timur di Provinsi Jawa Timur. Walaupun berstatus sebagai kabupaten, namun bukan berarti Banyuwangi tidak memiliki tempat-tempat menarik yang mampu bersaing dengan destinasi wisata terkenal di daerah lain di Indonesia. Bahkan ada beberapa tempat menarik di Banyuwangi yang kerap dikunjungi wisatawan dari luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Banyuwangi

Taman Nasional Baluran

Jika kamu pernah menonton acara National Geographic yang menampilkan suasana alam liar di Afrika, kamu tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk hanya sekadar menikmati suasana dan pemandangan alam seperti itu, karena di Banyuwangi ada Taman Nasional Baluran yang tak kalah indahnya.

Di tempat tersebut kamu dapat melihat berbagai macam hewan yang sengaja dibiarkan hidup secara liar. Mulai dari ajag, banteng, kerbau liar, kancil sampai dengan macan tutul dapat kamu lihat dan amati di taman nasional ini.

Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan sebuah gunung api yang masih aktif dan terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Selain hawanya yang sangat sejuk dan cenderung dingin serta terdapatnya kawah yang terletak di puncak gunung atau pada ketinggian 2.443 dpl dengan kedalaman 200 meter serta luas mencapai 5.466 hektar, membuat Gunung Ijen sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi terdapatnya satu spot wisata yang sangat terkenal sampai ke mancanegara, yaitu tempat di mana api biru Ijen muncul.

Taman Nasional Alas Purwo

Selain Taman Nasional Baluran, di Kabupaten Banyuwangi juga ada taman nasional lainnya, yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Menurut orang-orang yang gemar klenik dan yang berkaitan dengan dunia mistis, Alas Purwo merupakan salah satu kerajaan para demit dan makhluk halus terbesar di Pulau Jawa. Namun terlepas dari masalah mister tersebut, Taman Nasional Alas Purwo adalah tempat di mana banyak fauna berlindung dan bertempat tinggal di sana. Bahkan hutan ini juga merupakan hutan tropis paling tua di Pulau Jawa.

Teluk Hijau

Belum lengkap rasanya jika sedang berada di Banyuwangi namun tidak menyambangi salah satu destinasi wisata pantai yang terkenal ini, Teluk Hijau. Dikatakan begitu karena memang dari kejauhan air dari teluk ini berwarna hijau karena terdapatnya alga yang dapat memantulkan warna hijau ke permukaan. Selain sangat jernih, kamu dapat menyelam atau sekadar snorkelling di daerah ini.

Pantai Plekung

Pantai Plekung atau juga dikenal dengan nama lain G-Land merupakan sebuah destinasi wisata pantai dengan ombak yang sangat besar dan bergulung-gulung. Tidak heran, banyak peselancar lokal atau luar negeri yang senang berada di pantai ini karena tantangan ombanya yang serasa tidak pernah habis. Pantai Plekung ini terletak tepat di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang uniknya adalah ditemukan bukan oleh orang Indonesia, melainkan oleh sekelompok surfer dari Amerika Serikat pada tahun 1972.

Rowo Bayu

Rowo Bayu merupakan salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi ketika berada di Banyuwangi. Memang dari tingkat popularitasnya, Rawa Bayu masih kalah dengan destinasi wisata terkenal di Banyuwangi lainnya, namun bukan berarti tempat ini juga tidak menarik. Rowo Bayu adalah tempat yang sering dipakai untuk melakukan aktivitas dan liburan bertemakan outdoor, mulai arung jeram sampai dengan camping. Terdapat juga beberapa air terjun di daerah ini, seperti salah satunya yang cukup terkenal adalah Air Terjun Lider.