Loading...
Traveling

6 Masjid Paling Terkenal di Dunia, Selain Mekkah

6 Masjid Paling Terkenal di Dunia, Selain Mekkah

Masjid adalah sebuah istilah untuk menyebutkan tempat ibadah orang Islam. Memang ada tempat-tempat lain yang digunakan oleh orang Islam, seperti salah satunya adalah musholla, namun masjid memiliki ukuran luas lebih besar dibandingkan musholla.

Mayoritas bentuk dan desain masjid di seluruh dunia mengadopsi ciri khas Timur Tengah dan bangunan-bangunan besar di daerah Arab Saudi, seperti memiliki kubah, menari dan ruangan untuk melakukan aktivitas keagamaannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa masjid-masjid yang sangat terkenal, selain Mekkah

Masjid Al-Nabawi

Masjid Al-Nabawi atau Al-Masjidun-Nabawiyy adalah sebuah komplek masjid yang mana dibangun langsung oleh Nabi Muhammad saat dia hijrah dari Mekkah. Masjid Al-Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun saat Nabi Muhammad menyebarkan agama Islam dan menjadi tempat paling suci kedua bagi umat Muslim di seluruh dunia setelah Mekkah. Masjid yang terletak di Medina, Hejaz, Arab Saudi tersebut juga menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsha atau Al-Masjid al-Aqṣā merupakan tempat suci ketiga bagi umat Muslim di seluruh dunia setelah Mekkah dan Masjid Al-Nabawi. Masjid ini terletak di Kota Tua di Jerusalem yang mana berdiri di atas tempat yang disucikan juga oleh pemeluk agama lain, seperti orang-orang Kristen dan Bangsa Yahudi. Sering kali masjid satu ini disalahartikan dengan jami’Al-Aqsha atau Masjid Al-Qibli yang mana merupakan bagian dari komplek Masjid Al-Aqsha itu sendiri.

Masjid Biru

Masjid Biru atau Blue Mosque yang mana memiliki nama resmi Masjid Sultan Ahmed ini merupakan sebuah tempat peribadatan untuk orang Islam yang didirikan di Istanbul, Turki. Dibangun sekitar tahun 1609, Masjid Biru ini baru selesai pada tahun 1616. Dikatakan memiliki nama resmi Masjid Sultan Ahmed karena pendirian masjid tersebut atas perintah langsung dari sang sultan, Sultan Ahmed I, yang kemudian dimakamkan di bagian halaman dari bangunan suci ini.

Masjid Badshahi

Masjid Badshahi atau disebut juga dengan istilah masjid Kaisar ini pernah menyabet gelar masjid terbesar di dunia dan mempertahankan gelar tersebut selama 313 tahun, yaitu dari tahun 1673 sampai 1986 sebelum akhirnya dikalahkan oleh Masjid Faisal yang terletak di Islamabad, Pakistan. Masjid Badshahi ini dibangun oleh Raja Aurangzeb atau raja ke-6 dari kesultanan Mughal pada tahun 1671 dan baru selesai pada tahun 1673.

Masjid Faisal

Masjid Faisal adalah sebuah masjid yang didirikan di kaki bukit Margalla di Islamabad, Pakistan. Sedikit berbeda dengan desain dan bentuk masjid-masjid Arab pada umumnya, Masjid Faisal menggunakan desain kontemporer yang terinpsirasi dari tenda kaum Bedouin atau Bedu yang menjadi penduduk nomadic dari Arab. Karena keindahannya, masjid yang konstruksinya dimulai dari tahun 1976 tersebut menjadi salah satu destinasi wisata paling diminati para turis ketika berada di Pakistan. Namanya sendiri diambilkan dari Raja Arab Saudi, Raja Faisal bin Abdulaziz Al Saud yang menjadi donatur utama atas pembangunan masjid tersebut.

Masjid Hassan II

Masjid Hassan II atau Grande Mosquée Hassan II atau Casablanca Hajj merupakan sebuah masjid yang didirikan di daerah Casablanca, Maroko. Masjid Hassan II ini merupakan masjid terbesar pertama di Maroko dan terbesar kedua di Afrika, serta terbesar kelima di dunia. Dibangun dari tahun 1980 oleh seorang arsitek bernama Michel Pinseau, Masjid Hassan II baru selesai pada tahun 1993. Dibangunnya masjid ini sebagai peringatan hari ulang tahun mendiang Raja Hassan II yang pernah memerintah di Maroko sebelumnya.