Loading...
Traveling

6 Tempat Wisata Keren yang Dimiliki Provinsi Kepulauan Riau

6 Tempat Wisata Keren yang Dimiliki Provinsi Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Sumatera. Ibu kota sekaligus yang menjadi kota terbesarnya adalah Pekanbaru dan wilayahnya mencakup Pulau Batam sampai Pulau Bintan.

Seperti halnya daerah-daerah lain di seluruh Indonesia, Riau juga memiliki banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi ketika kamu berlibur ke sana. Untuk lebih mempersingkat waktu, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata menarik di Kepulauan Riau.

Berikut 6 tempat wisata keren yang terdapat di provinsi kepulauan Riau

Pulau Jemur

Pulau Jemur adalah sebuah gugusan pulau-pulau kecil yang masuk wilayah Kepulauan Riau. Pulau-pulau kecil tersebut antara lain, Pulau Tekong Simbang, Pulau Tekong Emas, Pulau Labuhan Bilik dan banyak lagi lainnya. Dikarenakan keindahannya ini, konon gugus kepulauan satu ini disebut dengan istilah untaian jamrud di Selat Malaka.

Seketika kamu berada di Pulau Jemur, kamu akan menemukan pantai berpasir kuning pucat yang sangat bersih dan tenang. Jarang ada wisatawan yang datang ke tempat tersebut karena memang kurangnya publikasi dari pemerintah daerah setempat. Air di pesisir pantainya juga sangat jernih dengan warna tosca jika dilihat dari atas.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah sebuah hutan hujan tropika dataran rendah yang ada di Riau. Hutan yang memiliki luas sekitar 144.223 hektar tersebut menjadi rumah bagi banyak hewan, termasuk yang kabarnya sudah mendekati titik kepunahan, yaitu Harimau Sumatera. Selain hewan, terdapat juga banyak flora di tempat ini, seperti salah satunya adalah yang paling langka dan menjadi flora endemik, yaitu Rafflesia haseltii atau Cendawan Muka Rimau.

Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua merupakan sebuah destinasi wisata air terjun yang terletak di Rokan Hulu, Riau. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Riau. Nama dari Aek Mertua sendiri berasal dari bahasa Suku Batak Mandailing yang memiliki artian air bertuah. Air Terjun Aek Martua ini memiliki ketinggian 40 meter yang terbagi menjadi 3 bagian dengan masing-masing ketinggian sekitar 15 meter.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan salah satu peninggalah bersejarah yang bercorakkan agama Buddha. Menurut catatan para arkeolog, diperkirakan candi ini berdiri pada saat Kerajaan Sriwijaya meraih kejayaannya atau sekitar abad ke-7 Masehi. Hanya saja belum diketahui pasti kapan candi tersebut didirikan. Konon, menurut cerita masyarakat sekitar, Candi Muara Takus dibangun atas permintaan seorang putri yang berasal dari India yang mana dibawa oleh Datik Tiga Ahli ke tempat tersebut. Tidak diketahui siapa nama asli dari putri tersebut, namun ketika berada di daerah tersebut, dia dikenal dengan nama Putri Reno Wulan.

Danau Raja

Danau Raja adalah sebuah dana yang terletak di Kecamatan Indragirihulu, Rengat. Disebut sebagai Danau Raja karena kono dulunya di danau tersebut menjadi tempat pemandian khusus para anggota keluarga kerajaan Istana Indragiri. Sekarang ini, Danau Raja menjadi salah satu destinasi wisata andalan dari Pemerintah Provinsi Riau.

Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang merupakan sebuah taman wisata yang sangat cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga karena berada di daerah terbuka dan dipenuhi pepohonan rindang. Ada banyak tempat-tempat hiburan yang sengaja dibangun di area Taman Rekreasi Alam Mayang ini, seperti spot khusus untuk flying fox, bersepeda sampai dengan area memancing. Terdapat juga studio film 3D di tempat ini.