Loading...
Tips TravellingTraveling

6 Tempat Wisata Menarik yang Dapat Kamu Temui di Kediri

6 Tempat Wisata Menarik yang Dapat Kamu Temui di Kediri

Memang dari segi luas daerah dan juga kemajuannya, Kediri masih kalah jika dibandingkan dengan Kota Surabaya atau Malang. Namun Kediri sendiri merupakan kota terbesar ketiga setelah kedua kota tersebut di Provinsi Jawa Timur berdasarkan jumlah penduduknya.

Kediri sendiri memiliki sejarah panjang dan juga mempunyai kaitan dengan kerajaan-kerajaan besar di Jawa Timur, seperti Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit. Dan dengan bermodalkan sebagai tempat di mana berdirinya salah satu kerajaan tertua dan besar di Pulau Jawa, Kediri sekarang ini bersolek dan mencoba bersaing dengan banyak daerah dan kota lain di Indonesia.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang terdapat di Kediri yang beberapa di antaranya sudah cukup terkenal dan menjadi langganan untuk berswafoto ketika ada di tempat tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata menarik yang ada di Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul ini merupakan ikon dari Kediri yang mememiliki desain mirip dengan monumen Arc de Triomphe di Paris, Prancis. Disebut sebagai Monumen Simpang Lima Gumul karena memang didirikan di tengah-tengah pertemuan antara 5 jalan, Gampengrejo, Plosoklaten, Pagu, Pesantren dan Pare. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Kediri sendiri ataupun wisatawan dari kota lain di Indonesia bahkan ada juga yang dari luar negeri.

Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo merupakan salah satu air terjun yang sangat terkenal di Kediri karena tempatnya yang memang masih sangat alami dan udaranya sejuk. Terletak di Dusuk Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, air terjun Dolo memiliki ketinggian sekitar 125 meter yang mana airnya sangat dingin. Di sekitarnya, terdapat juga area khusus untuk berkemah.

Sumber Ubalan

Jika ingin menikmati nuansa tenang, damai dan sekaligus menghirup kesegaran alam saat berada di Kediri, Sumber Ubalan dapat dijadikan pilihan yang tepat. Dikatakan begitu karena tempat wisata satu ini terletak tepat di tengah hutan lindung di Desa Kalasan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri dan masih terjaga keasriannya. Setlah menyusuri jalan untuk menuju spot utama, akan didapati sebuah sumber air yang mana sangat tenang dan jernih dengan banyak ikan-ikan kecil berenangan. Hanya saja, ada larangan untuk berenang atau memancing di daerah ini.

Goa Selomanggeng

Goe Selomanggeng adalah salah satu destinasi wisata yang cukup populer dan identik dengan masyarakat Kediri. Banyak orang dari berbagai daerah datang ke tempat ini untuk beragam tujuan. Goa ini kabarnya merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk mengasingkan diri sekaligus menjadi tempat pertapaan Dewi Kilisuci yang tidak lain adalah putri dari Raja Erlangga. Dia melarikan diri dan bersembunyi di goa ini karena menolak warisan tahta yang diberikan kepadanya. Dikarenakan hal itulah, maka nuansa mistis sangat kental terasa di daerah ini.

Candi Surawana

Candi Surawana adalah sebuah candi bercorak Hindu yang dibangun sekitar abad ke-14 untuk menghormati sekaligus memuliakan Raja Bhre Wengker dari Kerajaan Wenger yang meniggal pada tahun 1388 Masehi. Candi yang terletak di dekat Kampung Inggris di Kecamatan Pare ini memiliki ukuran hanya 8 x 8 meter saja.

Petilasan Kanjeng Prabu Sri Aji Jayabaya

Petilasan Kanjeng Prabu Sri Aji Joyoboyo merupakan satu tempat yang penuh dengan nuansa mistis di Kediri. Dikatakan begitu karena di tempat ini menjadi tempat moksanya Kanjeng Prabu Sri Aji Joyoboyo. Dalam sejarah Jawa, Kanjeng Prabu Sri Jayabaya adalah titisan dari Dewa Wisnu yang menjadi penguasa dari Negara Widarba.