Loading...
Traveling

Group Traveling Memang Tampak Seru, Tapi Juga Bisa Bikin Stres Gara-Gara Hal Ini

Group Traveling Memang Tampak Seru, Tapi Juga Bisa Bikin Stres Gara-Gara Hal Ini

Membayangkan akan liburan ke suatu tempat bersama teman-teman terdekat tentu menyenangkan, ya. Tapi yang tidak kamu sadari, melakukan group traveling atau perjalanan berkelompok juga bisa memicu timbulnya perdebatan yang menjadikan liburan terganggu. Ada hal-hal yang harus kamu lakukan untuk menghindari konflik saat melakukan group traveling.

Nah, berikut ini merupakan beberapa contoh hal yang bisa menjadikan perjalananmu jadi kurang menyenangkan:

Salah memilih teman perjalanan

Kamu harus memilih dengan sangat jeli teman yang akan diajak melakukan traveling bersama. Sekilas mungkin siapa saja tak masalah jadi teman traveling, tapi coba pikirkan lagi apakah ada sifat-sifat mereka yang kurang menyenangkan dan bisa merepotkan saat lliburan? Misalnya saja, orang yang mudah mengeluh tentu tak cocok diajak liburan bersama. Yang ada sepanjang jalan dia hanya akan komplain dan membuat yang lain tidak nyaman. Orang pemalas juga harus dipikir ulang untuk diajak traveling. Jangan sampai di sana kamu terpaksa jadi pembantu dan membereskan segala bawaannya yang selalu berantakan.

Tidak menentukan range budget yang dipakai

Saat jalan-jalan bertiga misalnya, bisa saja ada satu orang yang lebih suka hal-hal mewah, sedangkan yang lain mungkin lebih nyaman dengan hal sederhana yang berbau lokal. Masalah uang bisa jadi sangat sensitif ketika kamu liburan, makanya harus dibicarakan dengan baik sebelum terjadi. Kamu dan teman-temanmu bisa menentukan range harga yang digunakan selama liburan, misalnya untuk penginapan setiap malam bisa menghabiskan dana antara Rp 200 hingga 400 ribu, kemudian untuk sekali makan hanya boleh menghabiskan Rp 50 hingga 100 ribu, dan seterusnya.

Tidak menyepakati objek wisata yang dikunjungi

Tentu akan merepotkan jika seorang pecinta air liburan bersama dengan pecinta sejarah. Yang satu maunya terus di museum, sedangkan yang satu lagi inginnya surfing di pantai. Nah, maka dari itu pastikan kamu dan teman-temanmu sudah menyepakati objek mana saja yang akan dikunjungi. Jika kalian memiliki kesukaan yang berbeda, mungkin bisa membaginya menjadi beberapa pilihan, seperti di hari pertama mengunjungi objek wisata alam, hari ke dua mendatangi pusat-pusat perbelanjaan, dan hari ke tiga mencari objek yang berhubungan dengan sejarah dan budaya.

Tidak menunjuk person in charge

Meski ini hanya sekedar perjalana liburan, tapi kamu tetap butuh seseorang yang dijadikan sosok pemimpin. Hal ini akan berguna saat kamu mengalami hal-hal yang tidak terduga selama di perjalanan dan menimbulkan perdebatan. Di momen tersebut, sosok pemimpinlah yang lebih dahulu harus mengambil keputusan supaya tidak terjadi perdebatan lebih panjang. Bagaimana cara memilih pemimpin untuk group traveling? Cari orang yang sudah berpengalaman di bidang traveling dan mampu berkomunikasi dengan baik terutama saat dalam kondisi darurat dan mendesak.

Hal-hal di atasa sangat mungkin memicu terjadi perdebatan selama liburan. Maka dari itu, pastikan kamu melakukan persiapan dengan baik sebelum berangkat supaya perjalanan jadi lebih menyenangkan dan berkesan. Selamat liburan bersama orang-orang tersayang!