Loading...
Makanan Seru

Halalkah Hangi? Makanan Khas dari New Zealand

Halalkah Hangi? Makanan Khas dari New Zealand

Salah satu kota terkenal di Selandia Baru yang menawarkan berbagai hidangan kuliner yang enak dan pastinya membuat lidah ingin mencobanya adalah New Zealand. Kota ini menawarkan berbagai macam makanan, minuman, Snack dan lain sebagainya. Selandia Baru memang terkenal akan varian makanannya. Orang-orang di sana memang pintar dalam mengolah dan menyatupadankan berbagai bahan makanan menjadi satu makanan yang nikmat.

Khusus untuk turis yang ingin mengunjungi kota ini jangan takut akan makanan yang akan dikonsumsi dan tidak pas dengan perut Anda. Di kota ini memiliki banyak makanan yang bisa menjadi referensi Anda saat berkunjung ke kota ini. Untuk wisatawan muslim khususnya pasti mempunyai ketakutan akan makanan yang tidak halal. Di kota ini banyak restoran-restoran yang menyediakan makanan halal.

Tourism New Zealand baru-baru ini juga telah mengeluarkan Panduan Sajian Halal Selandia Baru yang dapat digunakan untuk panduan wisatawan muslim yang berkunjung ke Selandia Baru khususnya New Zealand. Terbitnya Panduan Sajian Halal Selandia Baru ini tidak lepas dari dukungan  Direktorat Muslim Kiwi dan Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru (FIANZ).

Panduan yang diterbitkan ini berisikan informasi pariwisata secara umum , informasi makanan halal dengan tambahan daftar restoran dan kafe yang telah dilengkapi dengan sertifikat HALAL. Jika di Indonesia harus terdapat Lebel MUI (HALAL) di Selandia Baru harus terdapat lebel (FIANZ). Harus digaris bawahi juga makanan yang berbahan dasar sayuran atau jika disana dikenal dengan vegetarian food juga halal di Selandia Baru. Walaupun tidak memiliki lebel Halal dari (FIANZ). Makanan yang cukup terkenal di New Zealand adalah Hangi dari suku Maori.

Adalah suatu makanan yang dimasak dengan panas bumi. Makanan tradisional ini untuk sekarang jarang dijual di New Zealand dan hanya untuk peristiwa-peristiwa atau perayaan istimewa saja. Dahulu hangi di bungkus dengan jerami sebelum dimasukkan ke bawah tanah untuk proses pematangan. Dan proses pematangan kira-kira 3 sampai 4 jam sesuai banyak sedikitnya masakan yang dibuat. Hangi sendiri berisi ayam, ikan, sayur, ubi-ubian dan dimasak seperti dikukus namun didalam tanah.

Makanan Hangi

Namun, belakangan ini hangi berisi daging domba, kol, ubi, kentang. Hasil dari pemasakan ini sangat enak dan pastinya empuk dengan aroma yang lezat dan sangat menggoda. Hangi sendiri sebenarnya dikenalkan pertama oleh suku Maori yang berisikan ayam, ikan, umbi-umbian. Pastinya halal jika bahan dasarnya seperti ini dan pastinya wisatawan Muslim tidak perlu khawatir memakannya.

Namun, karena memang jamannya yang sudah semakin maju membuat banyak varian atau pun bahan dasar yang digunakan. Ada juga yang mengatakan hangi haram karena dibuat dari daging babi asap. Untuk halal dan haramnya hangi, harus dilihat lagi restorannya. Apakah restoran tersebut memiliki label halal atau tidak. Jadi, untuk wisatawan muslim yang akan berkunjung ke New Zealand memang harus ekstra hati-hati dalam memilih makan yang akan dimakannya dan jangan sampai Anda menyesal karena tidak memperhatikan Panduan Sajian Halal di Selandia Baru.

Tetapi untuk hangi mungkin sangat jarang dijual di restoran karena memang cara pemasakannya yang membutuhkan panas bumi. Yang pastinya harus dekat dengan gunung berapi. Karena untuk sekarang biasanya hangi dimasak untuk dinikmati pribadi, bersama keluarga atau pun untuk jamuan pesta dan jarang dijual belikan. Untuk itu jika Anda berwisata di New Zealand dan ingin menikmati hangi saya sarankan Anda pergi ke gunung berapi. Namun, Anda harus tetap hati-hati dengan bahan dasar apa yang akan dimasak.