Loading...
Tips TravellingTraveling

Liburan Ke Luar Negeri Tanpa Perlu Keluar Banyak Uang, Ini Caranya

Liburan Ke Luar Negeri Tanpa Perlu Keluar Banyak Uang, Ini Caranya

Untuk melepaskan stres yang selama ini menghimpit, liburan memang bisa jadi solusi terbaik. Sayangnya, tak sedikit orang yang stresnya malah bertambah usai liburan karena menyadari pengeluaran membengkak jauh dari perkiraan. Bahkan banyak yang harus kehilangan tabungan karena kalap berbelanja dan melakukan ini-itu yang tidak perlu ketika liburan.

Wah, jangan sampai momen yang seharusnya membahagiakan malah jadi petaka, ya! Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk merencanakan liburan dengan budget rendah. Berikut tipsnya:

Pilih negara dengan nilai tukar tinggi

Kalau kamu liburan ke negara-negara seperti Amerika Serikat atau Jepang, sudah pasti dana yang dibutuhkan sangatlah besar. Hal tersebut dikarenakan nilai tukar rupiah terhadap dolar dan yen sangat rendah, jadi uang dengan jumlah besar di sini akan jadi sangat sedikit di sana. Kalau kamu tak ingin rugi, carulah negara dengan nilai tukar rupiah yang tinggi, misalnya saja Vietnam, Laos, Kamboja, dan juga Kolombia. Jangan khawatir tidak bisa menemukan tempat liburan yang bagus, sebab negara-negara tersebut juga terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan eksotik.

Lakukan pencarian akomodasi jauh-jauh hari

Saat kamu ingin liburan dengan budget rendah, maka hal yang harus ditekan adalah tiket pesawat dan hotel untuk menginap. Cara terbaik mendapatkan harga termurah tentu dengan mencarinya melalui situs-situs traveling jauh sebelum kamu berangkat. Kamu bisa membandingkan harga termurah dengan fasilitas yang baik, serta memanfaatkan promo yang biasanya diberikan di tanggal-tanggal tertentu. Tak ada salahnya kamu ikut tiket promo meski harus berangkat di momen yang tidak termasuk musim liburan. Toh, kamu tetap bisa mendapatkan perjalanan yang sama baiknya dengan saat musim liburan.

Usahakan bisa masak sendiri

Kalau kamu liburan bersama teman atau keluarga, usahakan mencari penginapan yang berupa kondominium sehingga terdapat dapur di dalamnya. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memasak makanan utama sehingga uangmu bisa dipakai membeli makanan yang memang jadi khas di negara tersebut. Jadi tak masalah meski mencoba berbagai makanan dan tidak merasa kenyang, toh di kondominium kamu bisa makan sepuasnya dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Cara iniĀ  juga sangat disarankan untuk kamu yang berlibur bersama anak. Sebab anak-anak seringkali susah beradaptasi dengan rasa makanan baru.

Merencanakan jadwal yang fleksibel

Sejak dari Indonesia, kamu mungkin sudah memiliki beberapa objek tujuan. Biasanya, objek yang dipilih adalah yang sangat terkenal di kalangan turis. Tapi tahukah kamu kalau di tempat seperti ini biasanya harga jadi naik 2 hingga 3 kali lipat? Tak ada salahnya sih mengunjungi satu atau dua tempat terkenal, tapi sisanya kamu bisa mengeksplorasi negara tersebut dan mencari tempat-tempat menarik yang selama ini belum jadi tujuan wisatawan asing.

Belajar bahasa lokal di negara tersebut juga akan banyak membantu. Pertama, kamu bisa lebih mudah bertanya kepada orang lokal dan akan mendapatkan apresiasi dari mereka sehingga kamu pun disambut lebih ramah. Ke dua, belajar bahasa lokal akan membuatmu lebih susah ditipu terlebih lagi soal harga.