Loading...
Tips Travelling

Tips Aman Solo Traveling Ini Dijamin Bikin Kamu Lebih Nyaman Bepergian Sendirian

Tips Aman Solo Traveling Ini Dijamin Bikin Kamu Lebih Nyaman Bepergian Sendirian

Beberapa tahun terakhir, solo traveling seolah menjadi tren tersendiri di berbagai belahan dunia. Ya, solo traveling merupakan perjalanan yang suatu destinasi, bisa itu di luar kota atau luar negeri, tanpa ditemani siapapun alias sendirian saja. Saat solo traveling, biasanya para traveler juga tidak menggunakan jasa tour guide dan sepenuhnya bergantung pada peta serta Google. Hmm, tampak seru dan menantang, ya?

Kalau kamu juga berpikiran untuk mencoba solo traveling, yuk lakukan hal-hal berikut ini sebagai persiapannya:

Kenali tempat tujuan dan modus penipuan yang banyak terjadi

Kalau bepergian ke luar kota sih, sepertinya tak akan terlalu banyak masalah yang kamu hadapi. Tapi bagaimana jika kamu ingin traveling  keluar negeri seorang diri? Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah mengenali dengan baik negara tujuan. Ketahui seperti apa cuacanya, kenali gaya hidup dan biaya hidupnya, serta cari tahu modus penipuan yang marak menimpa turis di sana. Hal ini sangat penting dilakukan sebab solo traveler merupakan sasaran empuk bagi para penipu yang menyamar sebagai tour guide, sopir sewaan, maupun penjual makanan.

Gunakan baju seperti penduduk lokal

Well, kita tahu seperti apa gaya orang Indonesia saat liburan ke luar negeri. Memakai baju yang super fashionable, membawa tas mencolok, serta menggantungkan kamera di leher. Kamu mungkin akan tampak keren saat difoto, tapi tanpa kamu sadari hal seperti ini malah akan membuatmu mudah diincar penjahat. Saat sendirian di tempat yang sama sekali asing, sebisa mungkin berdandanlah seperti halnya penduduk lokal. Warna kulit  mungkin tidak bisa menipu, tapi setidaknya orang akan berpikir kalau kamu adalah orang asing yang sudah lama menetap di sana sehingga tidak akan mudah tertipu.

Bekali diri dengan obat-obatan lengkap

Kamu mungkin berpikir kalau obat-obatan ringan seperti obat sakit gigi, sakit perut, dan pusing bisa dengan mudah ditemukan di mana pun. Masalahnya, bagaimana jika ternyata kamu berada di negara yang mayoritas penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris? Atau bagaimana jika kondisimu terlalu lemah untuk sekedar mencari apotek terdekat? Yang paling aman memang dengan membawa obat sendiri dari rumah. Lebih baik berjaga-jaga dengan membawa banyak obat tak terpakai daripada kebingungan mencari obat di negeri orang.

Tukarkan uang sejak dari Indonesia

Kamu memang bisa menukarkan uang saat sudah berada di negara tujuan. Tapi jauh lebih baik jika kamu mempersiapkan segala sesuatu termasuk dengan menukarkan uang sejak masih di Indonesia. Jadi begitu tiba di sana, kamu tak perlu bingung mencari tempat penukaran uang dan bisa langsung melakukan hal yang diperlukan. Cara ini juga sangat penting dilakukan untuk berjaga-jaga dari kondisi darurat misalnya jika kamu mendadak harus ke rumah sakit begitu tiba di negara orang.

Hal terakhir yang  juga tak boleh kamu lupakan, saat solo traveling ada kemungkinan kamu akan mengalami pencurian benda berharga. Untuk berjaga-jaga, buat kopian dari dokumen-dokumen penting seperti passport kemudian simpan di saku baju yang kamu kenakan.